Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

LED: Teknologi Pencahayaan Masa Depan

Photo by Slava Taukachou on Unsplash

LED RGB (red, green, blue) adalah sebuah lompatan penemuan besar dalam dunia teknologi pencahayaan. Fitur yang ditawarkan oleh LED RGB mampu menyaingi perangkat pencahayaan yang telah ada seperti lampu halogen, lampu incandescent, dan lampu hemat energi model lain. Keunggulan yang dimiliki oleh LED RGB dapat menyaingi hampir disemua aspek seperti pada cost/ biaya, variasi warna, hingga usia pemakaian LED RGB dapat bertahan lebih lama dibanding teknologi pencahayaan pendahulunya.

Hingga saat ini, model atau tipe LED RGB telah dikembangkan menjadi tipe LED RGBW (red, green, blue, white). Sedikit berbeda dengan LED RGB pada umumnya, LED RGBW memiliki fitur tambahan yang memungkinkan LED dapat memancarkan warna putih (cool white). Bahkan hingga saat ini telah didapati produk LED RGBWW (red, green, blue, warm-white) dengan fitur tambahan warna putih kekuningan/ soft white/ warna hangat (warm white). 

Semenjak kehadiran LED, peralatan pencahayaan konvensional telah secara perlahan digeser oleh teknologi LED. Dimulai dari dunia industri, dan kemudian hingga kini teknologi LED telah dapat digunakan dalam kehidupan rumah tangga sehari-hari dan kita bisa mendapatkannya dengan sangat mudah di toko sekitar kita. 

Dengan segala kelebihan teknologi LED dibandingkan dengan perangkat pecahayaan konvensional lainnya, maka kini akan cukup sulit teknologi LED akan ditinggalkan untuk kembali ke perangkat pencahayaan konvensional. Ditambah dengan kehadiran teknologi smartphone yang semakin memudahkan proses pengontrolan pencahayaan dari LED, maka teknologi ini telah menjadi semakin fleksibel dan dapat menyesuaikan dengan kebutuhan pengguna.

Hal yang perlu diketahui awal mula ditemukannya LED adalah dari hasil pengembangan komponen semikonduktor, Dioda. Jadi, LED memang dari awal bukanlah ditujukan untuk pencahayaan, namun untuk tujuan lampu indikator dan lain sebagainya. Namun karena kemampuan dan segala kelebihannya, kini LED telah diterapkan untuk perangkat pencahayaan sehari-hari, termasuk penggunaan LED pada monitor TV, monitor komputer, papan iklan, dan lain sebagainya.

Kelebihan utama yang dimiliki oleh LED bila dibandingkan dengan perangkat pencahayaan lainnya yakni pada tegangan kerja yang rendah sehingga mempengaruhi usia kerja dari LED. LED bekerja pada tegangan rendah DC dan hanya membutuhkan beberapa volt saja untuk dapat menyala, berbeda dengan perangkat pencahayaan lain yang membutuhkan ratusan volt untuk dapat menyala. Dengan hanya tegangan yang rendah ini, maka proses switching atau pensaklaran tidak terlalu membebani perangkat sehingga usia kerja perangkat dapat bertahan secara lebih lama. 

LED RGB, RGBW, atau RGBWW?

Photo by Alexas Fotos from Pexels

Seperti yang telah dijelaskan di atas, LED RGB adalah dasar dari pengembangan LED berwarna dan hingga saat ini masih dapat kita temui dipasaran. Namun bila ditanya bagusan mana antara LED RGB, RGBW, atau RGBWW, maka jawabannya adalah pada tujuan pencahayaan dan budget yang dimiliki untuk perangkat pencahayaan yang akan kita keluarkan.

Setiap tipe LED memiliki keunggulannya masing-masing. LED RGB memiliki warna basis yang diperlukan untuk berbagai keperluan yang tidak terlalu detail dan mempertimbangkan budget yang lebih murah. LED tipe ini cocok untuk penggunaan umum atau untuk sekedar warna-warni supaya lebih menarik.

LED RGBW memiliki tambahan warna cool white yang dapat menjadi opsional bila dalam pencahayaan dibutuhkan nyala lampu warna cool white yang lebih konsisten, karena apabila warna putih dipaksakan menggunakan LED RGB (perpaduan warna merah, hijau, dan biru) secara bersama-sama, maka ada kemungkinan warna putih yang dihasilkan akan kurang merata karena warna putih yang dihasilkan adalah perpaduan dari ketiga warna ini. Bila ada satu warna LED yang putus atau mati, maka warna putih yang diharapkan tidak dapat dipenuhi.

LED RGBWW lebih ditujukan untuk keperluan komersial yang membutuhkan pencahayaan yang terdedikasi untuk dapat memberikan warna RGB, cool white, dan warm white secara lebih konsisten. Dengan tambahan nilai untuk kepentingan komersial, atau untuk kebutuhan profesional, maka tipe LED yang lebih cocok adalah tipe LED RGBWW.

Post a Comment for "LED: Teknologi Pencahayaan Masa Depan"