Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Cara Menghubungkan ESP8266 dengan Arduino untuk Kontrol Peralatan Listrik melalui Internet (Internet of Things)

ESP8266 adalah sebuah micro-chip Wifi yang dikembangkan oleh sebuah perusahaan China bernama Espressif. Saat kemunculannya, micro-chip ESP8266 mampu menyedot perhatian para praktisi dan akademisi elektronika dari negara barat hingga chip ini juga diproduksi oleh pihak ketiga bernama Ai-Thinker. Micro-chip berukuran mungil namun memiliki kemampuan untuk terkoneksi ke internet, hal ini memicu para pengembang untuk mengembangkan projek menggunakan chip ini.

ESP8266

Pada projek kali ini, kita akan belajar cara menggunakan ESP8266 dan Arduino untuk mengontrol peralatan listrik melalui internet, atau seringkali disebut sebagai IoT (Internet of Things). Jadi, secara teori dan praktiknya, Arduino dan modul ESP8266 akan terhubung ke sebuah Cloud server melalui jaringan internet, kemudian melalui aplikasi di smartphone, kita dapat mengontrol suatu peralatan listrik dari jarak jauh.

Selain komponen utama ESP8266 dan Arduino, diperlukan komponen lain yaitu RemoteXY. RemoteXY merupakan sebuah website pembuat aplikasi smartphone (Android/IoS) yang fokus untuk mengembangkan aplikasi untuk keperluan kontrol IoT. Dengan memanfaatkan fasilitas gratis dari website RemoteXY, maka kita akan dengan mudah dan gratis dapat membuat aplikasi smartphone dan menggunakannya sebagai sarana projek IoT kali ini.


Langkah pembuatan

1. Rangkai komponen sesuai skema rangkaian
Skema Rangkaian

Pada rangkaian realnya saya menggunakan Arduino Nano, karena keterbatasan Arduino Nano dalam memberikan suplai arus ke ESP8266, maka solusinya adalah mengambil suplai arus atau tegangan dari regulator (step down) 5 Volt ke 3,3 Volt. Dengan demikian kebutuhan suplai arus ESP8266 yang cukup besar akan dapat tercukupi sehingga rangkaian dapat bekerja dengan baik.

2. Buat aplikasi smartphone di website RemoteXY

Layout Aplikasi Smartphone RemoteXY

Catatan: Snap to pin 3 untuk saklar 1 & snap to pin 2 untuk saklar 2 yang terhubung ke Led

3. Download sketch dari RemoteXY dan upload ke Arduino menggunakan Arduino IDE
4. Install aplikasi RemoteXY di smartphone (dalam hal ini saya menggunakan Android)
5. Seting koneksi aplikasi pada Android sesuai Token dan Port yang tampil di website RemoteXY
6. Selesai. Kini kita dapat mengontrol nyala led pada rangkaian Arduino + ESP8266

Nyala led pada percobaan ini hanyalah sebagai bentuk representasi nyala dan mati suatu peralatan listrik. Output dari Arduino yang terhubung ke led dapat disambungkan ke relay 5 VDC - 220 VAC dan dapat digunakan untuk mengontrol nyala peralatan listrik AC 220 Volt yang ada di rumah.

Post a Comment for "Cara Menghubungkan ESP8266 dengan Arduino untuk Kontrol Peralatan Listrik melalui Internet (Internet of Things)"