Cara Menggunakan Sensor Ultrasonic HC-SR04

Sensor Ultrasonic HC-SR04 adalah sebuah sensor jarak yang memanfaatkan sonar untuk mendeteksi penghalang, seperti halnya sonar pada lumba-lumba dan pada kelelawar. Pernahkah kalian mendengar berita ada ikan lumba-lumba yang mati ditabrak speed boat?, atau pernahkah kalian mendengar berita seekor kelelawar terjatuh karena bertabrakan dengan kelelawar yang lain?. 

Sensor Ultrasonic HC-SR04 efektif digunakan untuk pengukuran jarak antara 2 cm hingga 400 cm (4 meter). Sensor Ultrasonic HC-SR04 juga tidak terpengaruh dengan efek sinar matahari, berbeda dengan sensor jarak yang menerapkan infrared atau yang sejenisnya, yang mana hasil pengukuran dipengaruhi oleh keberadaan sinar matahari. Jadi, secara teknis, sensor ini dapat digunakan di luar ruangan (outdoor). 


Pinout Sensor Ultrasonic HC-SR04

Pinout Sensor Ultrasonic HC-SR04


Sensor ini memiliki 4 pin dengan fungsi sebagai berikut

VCC

disambungkan ke terminal +5V DC

Trigger

input trigger sensor

Echo

output echo sensor

Ground

disambungkan ke terminal ground








Fitur Sensor Ultrasonic HC-SR04

Tegangan kerja +5 volt
Konsumsi arus saat bekerja 15 mA
Konsumsi arus saat standby < 2 mA
Jarak pengukuran 2 cm - 400 cm
Sudut pengukuran efektif < 15°
Trigger input 10 µS

Membuat Alarm Jarak menggunakan Sensor Ultrasonic HC-SR04

Pada projek DIY ini kita akan belajar cara pembuatan sebuah alarm dengan memanfaatkan sensor ultrasonic. Perhatikan skema rangkaian rangkaian alarm jarak sebagai berikut.

Rangkaian Alarm Jarak

Pada rangkaian di atas, dapat dilihat sebuah sensor ultrasonic untuk mendeteksi objek dan menjadi input dan mengirimkan data ke Arduino. Kemudian hasil pengolahan data oleh Arduino dijadikan output untuk menyalakan led dan membunyikan buzzer. 

Proses pembuatan rangkaian alarm tersebut sangatlah mudah. Siapkan komponen-komponen antara lain: Sensor Ultrasonic HC-SR04, Arduino, led, buzzer 5V, resistor 1k Ohm, breadboard, dan kabel jumper. Kemudian rakit komponen-komponen tersebut seperti pada skema rangkaian. Upload sketch/program yang dapat didownload di sini.

Uji Coba Penghalang Sensor Ultrasonic HC-SR04

Pada tahap uji coba, letakkan sensor sedemikian rupa dan letakkan penghalang di depannya. Nyalakan rangkaian dan kemudian geser penghalang pada range 2 cm - 60 cm. Gunakan penggaris/mistar sebagai acuan pengukuran jarak. Pada uji coba ini seharusnya akan didapati, saat jarak penghalang ada diantara 20 cm - 50 cm, rangkaian hanya akan menyalakan led peringatan. Namun, saat jarak penghalang kurang dari 10 cm, maka buzzer akan berbunyi sebagai tanda alarm menyala. Begitu penghalang menjauhi sensor > 10 cm, maka alarm akan berhenti berbunyi.

Terdapat banyak projek DIY yang dapat dibuat dari Sensor Ultrasonic HC-SR04 ini, antara lain: robot penghindar halangan (avoidance robot), pengukur ketinggian air, pengukur tinggi tubuh, pemicu hand sanitizer otomatis, dan masih banyak lagi.

Post a Comment

0 Comments