Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Transciever nRF24L01 untuk Komunikasi Dua Arah

Transciever nRF24L01 dapat difungsikan untuk berkomunikasi secara dua arah. nRF24L01 dapat berperan sebagai transmitter (pemancar) maupun dapat berperan sebagai receiver (penerima). Perbedaan konfigurasi hardware hanya terdapat pada device input dan output yang dipakai, sedangkan secara umum untuk koneksi kabel tidak terdapat banyak perbedaan. Sedangkan secara software, perlu seting lebih lanjut untuk menetapkan perangkat untuk berperan sebagai transmitter atau receiver.

Pada video/ artikel yang sebelumnya telah dibahas rangkaian nRF24L01 sebagai remote control satu channel. Namun, pada kesempatan kali ini akan dibahas fungsi lain yang dimiliki oleh nRF24L01 yakni sebagai unit transmitter dan receiver pada waktu yang bersamaan. Jadi, kali ini kita akan membuat rangkaian yang cukup unik ini.



Material yang perlu dipersiapkan

  1. Arduino .... 2 pcs
  2. nRF24L01 .... 2 pcs
  3. Soket ekstensi nRF24L01 .... 2 pcs
  4. Breadboard .... 2 pcs
  5. LED .... 4 pcs
  6. Push button .... 2 pcs
  7. Resistor 1k Ohm .... 4 pcs
  8. Power supply 5 Volt .... 2 unit
  9. Kabel jumper .... secukupnya
  10. PC/ laptop terinstal Arduino IDE

Langkah pembuatan

Rakitlah komponen-komponen di atas mengikuti skema rangkaian berikut

Rangkaian A

Rangkaian B


Setelah rangkaian selesai dirakit, upload sketch (download disini!) ke masing-masing rangkaian A dan rangkaian B menggunakan PC/ laptop yang sudah terinstal Arduino IDE. Namun sebelumnya, perlu download dan install Library yang dibutuhkan untuk mengoperasikan nRF24L01 (download Library nRFL01 disini!). Tanpa library ini maka sketch tidak dapat bekerja sebagaimana mestinya. Bila sudah, maka sketch dapat diupload. Setelah sketch terupload, periksa lagi rangkaian jangan sampai ada yang salah, bila sudah yakin rangkaian dapat dihubungkan ke sumber tegangan 5 Volt untuk tahap uji coba.


Tahap uji coba

Pada tahap ini, lakukan uji coba dengan cara menekan tombol pada rangkaian A, pada saat tombol ditekan, Led pada rangkaian B seharusnya menyala, begitu pula sebaliknya. Bila tidak menyala, maka rangkaian dan sketch perlu dicek kembali untuk memastikan semuanya telah terpasang sebagaimana mestinya. Hasil uji coba yang telah dilakukan menunjukkan hasil sebagai berikut.

Teknis Tes

Hasil Pengamatan

Kesimpulan

Tombol A ditekan

Led output rangkaian B menyala

Sesuai

Tombol B ditekan

Led output rangkaian A menyala

Sesuai



Penjelasan sketch/ program Arduino

Komunikasi dua arah menggunakan nRF24L01 pada percobaan kali ini menggunakan sketch dari berbagai referensi yang telah dimodifikasi dan disesuaikan dengan komponen-komponen yang terpasang. Secara singkat, berikut merupakan penjelasan fungsi dasar sketch/ program yang digunakan pada percobaan kali ini.

Sketch program tahap inisialisasi/ deklarasi variabel input/output dan library nRF24L01

 

Setup untuk menentukan variabel input/output, serta perintah untuk memulai komunikasi radio dan setting alamat pengiriman data dan alamat penerima data. Lebih lanjut, jangkauan jarak transmitter dan receiver dapat diatur dengan memilih mode PA (power amplifier) ke maksimum atau minimum, dapat disesuaikan dengan kebutuhan dengan mempertimbangkan konsumsi daya yang akan diserap oleh perangkat.

Sketch program pada bagian Loop dimulai dengan mengaktifkan rangkaian sebagai transmitter dan membaca status penekanan tombol A, pembacaan tombol kemudian dikirim ke rangkaian B yang kemudian akan diolah/ dikonversi menjadi sebuah perintah.

Setelah selesai mengirimkan data, rangkaian A berubah fungsi menjadi receiver dengan mulai untuk menerima data dari penekanan tombol B. Hasil penekanan tombol B dikonversi menjadi perintah yang berupa, jika tombol B ditekan, maka led A akan menyala (on), dan bila tombol tidak ditekan maka led A akan mati (off). Perlu diingat bahwa rangkaian tombol menggunakan teknik Pullup, jadi logika nyala-mati untuk penekanan tombol ditrigger oleh LOW voltage.


Pengembangan

Transciever nRF24L01 dapat dikembangkan sebagai pemancar & penerima untuk berbagai keperluan yang lebih kompleks lagi. Menerapkan kelebihan sebagai transciever, nRF24L01 dapat dikembangkan untuk komunikasi data dan suara, atau bahkan sebagai transmisi komunikasi visual. 

3 comments for "Transciever nRF24L01 untuk Komunikasi Dua Arah"

rizqi July 2, 2021 at 12:55 PM Delete Comment
saya coba kok ngga jalan ya
padahal rangkaian sudah sesuai
mazmoe July 20, 2021 at 12:46 AM Delete Comment
Library udah di download, masih belum bisa running, padahal pakai scetch lain bisa, agan pake arduino IDE versi berapa ya?
Light July 20, 2021 at 9:26 PM Delete Comment
Arduino IDE versi 1.8.12