Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Remote Control 7 Channel nRF24L01

Remote control 7 channel adalah salah satu projek yang menarik, karena remote dengan jumlah channel sebanyak ini tidak umum di pasaran. Remote control yang umum di pasaran biasanya remote control 1 channel hingga remote control 4 channel.

Pada kesempatan kali ini, kita akan belajar cara pembuatan remote control 7 channel dengan memanfaatkan komponen utamanya yaitu nRF24L01 dan Arduino. Pada kesempatan yang sebelumnya, telah dibahas pembuatan remote control 1 channel dengan nRF24L01 dan pemanfaatan nRF24L01 untuk komunikasi dua arah (transciever).


Material yang dibutuhkan

  1. Modul nRF24L01 (Shopee Indonesia)
  2. Socket nRF24L01
  3. Arduino (Shopee IndonesiaAliexpressAmazon)
  4. Breadboard
  5. Push button
  6. LED
  7. Resistor 1k ohm
  8. Power supply 5 volt
  9. Kabel jumper secukupnya

Perakitan

Rakit rangkaian transmitter sesuai skema

Transmitter Remote Control 7 Channel

Rakit rangkaian receiver sesuai skema

Receiver Remote Control 7 Channel

Upload sketch (download disini) dan jangan lupa install library RF24 


Uji Coba

Hubungkan rangkaian ke sumber tegangan dan pencet tombol pada rangkaian transmitter satu per satu. Bila semuanya sudah benar, seharusnya led pada rangkaian receiver akan menyala satu per satu seiring penekanan tombol. Namun, bila rangkaian tidak berfungsi sebagaimana mestinya, segera cabut rangkaian dari sumber tegangan dan cek rangkaian sekali lagi.


Catatan

Pada percobaan kali ini bila dibandingkan dengan dua percobaan nRF24L01 terdahulu, percobaan pembuatan remote control 7 channel ini terkoneksi dengan sangat baik antara rangkaian transmitter dan rangkaian receiver. Belum diketahui sebab pastinya, namun pada percobaan ini saya menggunakan development sketch program yang berbeda. 

Pada awalnya, saya berencana untuk membuat remote control 8 channel atau lebih pada percobaan ini. Namun, setelah melakukan percobaan tersebut, saya pikir karena jumlah port I/O pada Arduino Uno dan Nano kurang banyak, maka saya putuskan untuk membuat remote control 7 channel saja. Bila menggunakan Arduino yang memiliki lebih banyak port I/O, misalnya Arduino Mega, saya pikir akan dapat membuat remote control dengan channel yang lebih banyak.

1 comment for "Remote Control 7 Channel nRF24L01"

Unknown April 28, 2023 at 2:08 PM Delete Comment

Hello
I would like to consult if there is no pressing any button. for a period of time (There is no signal output from the transmitter, it commands A7 pin to work (On). How to write a check command?

Thank a lot
A.rieungsit
E mail: abcrieungsit@gmail.com