Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Simulasi Rangkaian Elektronik Menggunakan Tinkercad

Tinkercad adalah salah satu program modelling 3D yang dapat diakses dan digunakan secara online. Namun, kemudian Tinkercad mengembangkan dan menambahkan fitur untuk dapat melakukan simulasi rangkaian elektronik pada web-based simulator Tinkercad.

 
Logo Tinkercad (sumber: Tinkercad.com)


Tinkercad sendiri didirikan pada tahun 2010 di Uni Eropa oleh mantan engineer Google bernama Kai Backman dan partnernya bernama Mikko Mononen yang saat itu tujuan Tinkercad adalah untuk membuat aplikasi modelling 3D yang lebih difokuskan untuk membuat desain produk. Saat ini, kantor pusat Tinkercad sudah pindah dari Uni Eropa ke San Francisco Amerika.

Bagi saya sendiri, saya lebih sering menggunakan simulasi Tinkercad untuk simulasi rangkaian elektronik sederhana dibandingkan menggunakan software simulasi lainnya. Pertimbangan saya antara lain adalah karena kemudahan akses (berbasis online), tidak berbayar alias gratis, dan karena kemudahan dalam penggunaan terutama untuk simulasi program/sketch Arduino.

Dengan menggunakan Tinkercad untuk simulasi program/sketch Arduino, saya tidak perlu ribet-ribet untuk menyimpan file sketch ke PC, karena saya dapat mengakses Tinkercad dari computer manapun, contoh kasus: sering gonta-ganti PC/laptop :D

Berikut adalah contoh projek-projek yang telah saya buat menggunakan Tinkercad

 
Contoh Projek Tinkercad

Pada gambar di bawah ditunjukkan salah satu contoh projek elektronik saya untuk membuat sebuah simulasi saklar Debounce menggunakan Arduino. Dapat dilihat pada gambar, disebelah kiri kita dapat meletakkan rangkaian elektroniknya, dan disebelah kanan kita dapat memasukkan program/sketch Arduino dan kemudian bisa kita jalankan simulasinya.


Contoh Simulasi Rangkaian Arduino


Beberapa contoh rangkaian elektronik lainnya yang telah saya buat dan yang kemudian saya upload di channel Light Tubes antara lain:

  1. Cara Menghubungkan nRF24L01 dengan Arduino untuk Komunikasi Wireless
  2. Membuat Line Following Robot Sederhana
  3. Membuat Mobil Remote Control Bluetooth Android

Jadi kesimpulannya adalah. Saat ini, Tinkercad adalah salah satu software/ online service yang sering saya gunakan untuk membuat simulasi rangkaian elektronik sederhana secara mudah. Kelebihan-kelebihan yang dimiliki oleh Tinkercad dapat kita gunakan secara gratis. Terlebih lagi, kita dapat mengakses akun Tinkercad kita dari mana saja asalkan terhubung ke internet.

Cara menggunakan Tinkercad sangatlah mudah. Tinggal buka web browser lalu buka link https://www.tinkercad.com. Setelah itu, register/login menggunakan akun Google. Selanjutnya pilih menu untuk membuat circuit/rangkaian. Sisipkan rangkaian/komponen elektronik yang hendak dirakit/disimulasikan pada lembar kerja.

Post a Comment for "Simulasi Rangkaian Elektronik Menggunakan Tinkercad"