Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Led Controller T1000s untuk Led RGB WS2812B

Membuat efek pencahayaan yang bagus dan terkontrol merupakan impian bagi seorang yang menyukai seni pencahayaan dan dekorasi. Namun, berbicara soal mengontrol pencahayaan bukanlah hal yang mudah bagi sebagian orang. Perkembangan teknologi yang semakin pesat mendorong peneliti dan manufaktur untuk membuat suatu alat pengontrol pencahayaan, dalam hal ini nyala lampu Led, dapat dilakukan dengan sebuah device yang simpel dan dapat diandalkan. Led controller T1000s merupakan salah satu jawaban untuk dapat mengontrol efek nyala led dengan mudah dan dengan cara yang lebih modern.

(Sumber: Tokopedia)

Led Controller T1000s adalah sebuat alat pengontrol nyala led secara terprogram yang tersimpan didalam sebuah memori SD card. Program yang tersimpan didalam SD card merupakan program komputer dengan ekstensi .led (dot led) yang sebelumnya telah digenerate oleh program komputer. Program komputer yang digunakan untuk memrogram yaitu software Led Edit. Hingga saat ini terdapat berbagai versi program Led Edit, diantaranya ada versi 2013, versi 2014, versi 2016, dan sebagainya.
Berikut merupakan video  dokumentasi/ tutorial pengoperasian Led Controller T1000s yang telah saya buat beberapa waktu lalu.
Kemudian pada kesempatan berikutnya saya juga membuat video dokumentasi/ tutorial untuk membuat program .led (dot led) menggunakan software Led Edit seperti pada video berikut.

Link download program referensi: 
Selain menggunakan Controller T1000s untuk mengontrol Led RGB WS2812B juga dapat dilakukan dengan Arduino. Seperti halnya T1000s, dengan Arduino memungkinkan kita memrogram WS2812B sesuai dengan keinginan kita, namun akan sedikit lebih rumit bagi orang awam yang tidak mengenal Arduino atau komponen elektronik lainnya. 
Berikut merupakan dokumentasi pemrograman WS2812B dengan Arduino:

Semoga postingan ini bermanfaat ya :)
Jika berkenan mohon bantuannya untuk subscribe channel Youtube saya untuk postingan project-project elektronika dan lebih banyak lagi: https://www.youtube.com/c/LightTubes
bila ada pertanyaan bisa menghubungi saya melalui akun yang tertera pada Kontak.

1 comment for "Led Controller T1000s untuk Led RGB WS2812B"

zan July 25, 2022 at 8:50 AM Delete Comment
Download program Led Edit/ file didalam SD card http://bit.ly/2JSsOrg
tidak bisa kak