Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Rumah Pintar dengan Bardi

Perkembangan teknologi elektronika, internet, dan telekomunikasi telah berkembang dengan pesat dalam beberapa tahun belakangan ini. Perkembangan ini telah melahirkan berbagai konsep dan teknologi kontrol jarak jauh melalui internet, atau seringkali disebut sebagai Internet of Things (IoT).

Teknologi IoT ini memungkinkan seseorang untuk memonitor dan mengontrol suatu peralatan kelistrikan dari jarak jauh melalui smartphone yang terhubung ke jaringan internet.

Tidak hanya untuk keperluan industri, teknologi IoT ini telah banyak dikembangkan oleh berbagai produsen perlatan cerdas (smart devices) untuk dijual secara umum dan digunakan untuk keperluan kontrol di rumah penduduk.

Dapat diprediksi, perkembangan IoT akan dapat diterapkan dalam skala yang lebih masif lagi ke depannya.

Salah satu produk atau brand perangkat IoT yang saat ini cukup terkenal di Indonesia yaitu Bardi.

Dengan adanya produk perankat IoT dari Bardi ini, kita dapat dengan mudah untuk mengaplikasikan kegunaan dan manfaat dari teknologi IoT secara lebih mudah dan dengan harga yang relatif lebih murah.

Meskipun pada dasarnya kita juga dapat membuat perangkat IoT kita sendiri, seperti pada beberapa tulisan saya yang sebelumnya.

Sebagai referensi produk Bardi yang telah saya review dan buat videonya di Youtube, ada beberapa produk antara lain Bardi Smart Light Bulb 9W RGBWW, Bardi Smart Plug, dan Bardi Smart Breaker


Dari beberapa video review/tutorial terkait produk Bardi di atas, dapat diambil kesimpulan bahwa kita dapat dengan mudah dapat merubah sistem kerja peralatan elektronik/listrik di rumah dari sistem kerja konvensional menjadi sistem kerja terkontrol dengan teknologi IoT.
Demikian sharing singkat untuk kesempatan kali ini, semoga bermanfaat dan menjadi inspirasi bagi teman-teman yang sedang mencari perangkat IoT yang bagus dengan harga yang relatif murah.

Post a Comment for "Membuat Rumah Pintar dengan Bardi"