Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Remote Control 4 Channel Tanpa Arduino

Pada kesempatan ini saya ingin berbagi informasi mengenai sebuah produk Remote Control yang menurut saya cukup menarik, karena desainnya yang cukup kecil namun memiliki fungsi yang besar, yakni mampu mengontrol peralatan listrik hingga 4 channel.

Terlebih lagi remote control ini tidak memerlukan tambahan komponen lain seperti Arduino atau kit elektronik lainnya Karena beban dapat secara langsung dihubungkan dengan relay.

Secara ekonomis, harga kit relay ini relatif murah dibandingkan dengan produk kit relay sejenis.

Namun, karena kurang teliti, ternyata spesifikasi relay pada rangkaian receiver hanya support hingga tegangan AC 125 Volt. Sedangkan rencananya ingin saya gunakan untuk mengontrol beban AC 220 Volt. Jadi, mungkin remote control ini tidak akan saya pakai untuk sementara waktu hingga ada projek untuk kontrol beban tegangan rendah atau arus DC.

Langsung saja simak review saya pada video berikut. 

Pada video di atas, saya tetap memaksa kit remote control untuk mengontrol peralatan listrik dengan tegangan 220 Volt AC.

Tampak berlebihan, tapi secara praktik hal ini mampu dilakukan. Namun, saya tidak menyarankan untuk penyambungan seperti ini karena spesifikasi relay yang jauh berada dibawah tegangan kerja tertulis.

Sebagai opsional, kita dapat memodifikasi atau mengganti relay dengan spesifikasi yang lebih tinggi supaya lebih aman. 

Pada gambar di atas, dapat diperhatikan petunjuk pemasangan kabel power supply dan kabel beban yang terhubung ke relay, beban lampu, dan steker untuk disambungkan ke AC 220 Volt.

Post a Comment for "Remote Control 4 Channel Tanpa Arduino"