Joystick Remote Control Car using Phone and RemoteXY

Pada projek kali ini kita akan membuat sebuah remote control berupa joystick pada handphone untuk mengontrol mobil remote control pada projek sebelumnya. Penekanan pada projek ini yaitu pada pembuatan joystick controller pada handphone melalui website RemoteXY dan aplikasi handphone RemoteXY. Sedangkan ketertarikan pada projek ini lebih ke eksplorasi fitur dan kemampuan yang disediakan oleh RemoteXY, yang bahkan kita bisa memanfaatkan fitur ini secara gratis.


Referensi projek sebelumnya

Joystick controller merupakan salah satu projek yang ingin saya buat sejak lama. Namun, karena mau beli tapi harganya lumayan dan belum terlalu butuh, jadi ini adalah salah satu projek yang pending. Bagaimanapun, setelah mengetahui di RemoteXY memiliki fitur ini dan disediakan secara cuma-cuma, maka saya cukup senang dan tertarik untuk mengeksplorasi fitur joystick ini. Terlebih lagi, bila dibandingkan dengan modul joystick (hardware) tentunya membutuhkan tambahan mikrokontroler untuk mengolah data joystick pada modul. Maka, dari segi budget, menurut saya bukanlah ide yang bagus untuk membeli modul joystick untuk saat ini. Lebih jauh lagi, secara pribadi menurut saya projek remote control dengan handphone lebih menarik dan lebih fleksibel baik untuk keperluan wireless bluetooth, wifi, maupun IoT terkoneksi ke cloud server.


Langkah Pembuatan

1. Rangkai komponen sesuai skema rangkaian

Skema Rangkaian

2. Buat layout joystick controller untuk handphone (Android/IOS) di website RemoteXY

Layout Joystick RemoteXY

3. Modifikasi sketch pada bagian yang telah diedit

    Download sketch yang telah diedit pada link berikut Download

4. Upload sketch Arduino yang telah diedit ke Wemos
5. Selesai. Lakukan uji coba

Catatan

1. Kontrol kecepatan (PWM)

Sketch program tersebut dikembangkan dan bersumber dari contoh yang ada di RemoteXY, meskipun ada sedikit modifikasi pada beberapa bagian. Sketch tersebut awalnya dimaksudkan untuk dapat mengontrol navigasi dan kecepatan mobil remote. Namun, pada tahap uji coba ditemukan mobil tidak dapat dikontrol kecepatannya menggunakan PWM (pulse width modulation). Sehingga pada kesempatan ini terhenti di kontrol mobil remote secara tanpa kontrol PWM. Asumsi utama saya yaitu ada masalah pada tegangan keluaran Wemos untuk trigger pin Enable pada modul driver motor L298.


2. Drive Led

Asumsi masalah serupa juga dapat diterapkan pada lampu Led pada mobil yang tidak mau menyala. Sehingga pada percobaan ini lampu Led pada mobil tidak dapat menyala seperti pada projek yang sebelumnya. Namun, untuk membuktikan kontrol Led dapat menyala sebagaimana fungsinya, telah dipasang Led biasa pada output Led yang seharusnya terhubung ke lampu Led dibagian depan mobil remote.


Post a Comment

0 Comments