IoT Mudah dengan NodeMCU dan RemoteXY

NodeMCU adalah sebuah firmware dan papan pengembang open-source yang dapat digunakan untuk keperluan IoT (Internet of Things). NodeMCU dikembangkan setelah kemunculan ESP8266 oleh Espressif Systems pada sekitar tahun 2013. NodeMCU juga dapat disebut sebagai sebuah micro controller seperti halnya Arduino. Namun, NodeMCU sudah memiliki fasilitas modul wifi on chip. Dengan hadirnya NodeMCU, maka pembuatan projek IoT akan lebih mudah dan menarik untuk dikerjakan. NodeMCU dilengkapi dengan berbagai fasilitas diantaranya: GPIO, PWM, I2C, 1-Wire, dan ADC pada setiap papan pengembang.

RemoteXY adalah sebuah website untuk membuat aplikasi handphone (Android/ IOS) untuk berbagai keperluan kontrol. Dengan memanfaatkan fasilitas yang dimiliki oleh RemoteXY, maka kita dapat dengan mudah membuat aplikasi remote control sesuai dengan kebutuhan. Aplikasi yang dibuat dengan RemoteXY dapat dipadukan dengan beberapa papan pengembang dan modul misalnya: Arduino, ESP8266, NodeMCU, Android, modul wifi, modul bluetooth, dan juga untuk keperluan IoT.

Melihat berbagai keunggulan dan kemudahan dalam penggunaan NodeMCU dan RemoteXY, maka pada projek kali ini kita akan belajar cara pembuatan projek IoT dengan menggunakan NodeMCU dan RemoteXY.


Langkah pembuatan

1. Siapkan material yang dibutuhkan, kemudian rangkai komponen sesuai skema rangkaian

Skema Rangkaian

2. Buka website RemoteXY, kemudian buat layout remote control

Layout Remote Control

  • Atur konfigurasi sebagai: Cloud Server
  • Masukkan SSID & password wifi yang untuk kemudian NodeMcu akan terhubung
  • Buat token untuk komunikasi (kotrol IoT) antara handphone - cloud server - dan NodeMCU
3. Copy sketch Arduino dari RemoteXY dan paste ke Arduino IDE
    Bila mengalami kesulitan, berikut contoh sketch yang telah saya buat DOWNLOAD
4. Upload sketch ke NodeMCU
5. Lakukan uji coba penekanan tombol
6. Selesai


Catatan

Pada percobaan kali nyatanya saya hanya menggunakan relay 2 channel karena keterbatasan modul relay yang tersedia. Namun rangkaian ini dapat dikembangkan untuk mengontrol lebih dari 2 relay. 

Berdasarkan pengalaman, tidak semua relay dapat digunakan untuk rangkaian ini karena tegangan output dari NodeMCU hanya sekitar 3,3 Volt, sedangkan modul relay membutuhkan tegangan supply 5 Volt. Permasalahan ini dapat diatasi dengan menggunakan modul relay 5 Volt yang menggunakan komponen opto coupler. Hal ini menjadikan NodeMCU dapat menggerakkan relay meski tegangan keluaran hanya 3,3 Volt.

Post a Comment

0 Comments