Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

nRF24L01 + PA + LNA Arduino

Pada projek nRF24L01 yang terdahulu, telah dibahas pemanfaatan nRF24L01 untuk beberapa rangkaian antara lain:

Kesemua projek di atas menggunakan modul nRF24L01 yang tanpa antena (generic nRF24L01). Hasil yang didapat pada projek remote mobil mainan waktu itu saya rasa masih kurang memuaskan, karena remote control hanya mampu menjangkau jarak sekitar 30 meter.

Merasa kurang puas dan keinginan untuk mengetahui perbedaan modul nRF24L01 tanpa antena dibandingkan dengan modul nRF24L01 dengan antena (nRF24L01 + PA + LNA), maka saya putuskan untuk membeli modul ini dan menggunakannya pada pengembangan projek mobil mainan. Dokumentasi dapat dilihat pada video berikut.


Tidak terdapat banyak perbedaan pada projek ini dibandingkan dengan projek mobil remote yang terdahulu, perbedaan hanya terdapat penggunaan modul nRF24L01 + PA + LNA dan penambahan step down tegangan dari 5 Volt ke 3,3 Volt pada rangkaian Transmitter. Sedangkan pada rangkaian Receiver (mobil mainan) tidak saya tambahkan rangkaian step down dan modul nRF24L01 + PA + LNA.

Alasan tidak ditambahkannya modul nRF24L01 + PA + LNA pada rangkaian receiver (mobil mainan) dikarenakan terdapat sedikit masalah yang belum diketahui sehingga koneksi rangkaian receiver selalu terputus, asumsi saya adalah karena diperlukan tegangan terpisah, mengingat pada rangkaian receiver hanya terhubung ke satu sumber tegangan dan motor penggerak pada mobil remote cukup menguras energi. Alasan lain yaitu karena dengan percobaan ini sudah cukup untuk melihat jangkauan mobil remote yang lebih jauh (lebih dari 50 meter) bila dibandingkan dengan percobaan mobil remote modul nRF24L01 tanpa antena. Terlebih lagi, keterbatasan pengelihatan mobil remote yang kecil ini telah berkurang pada jarak 50 meter.

List material, skema rangkaian dan sketch Arduino pada projek mobil remote nRF24L01 + PA + LNA dengan Arduino ini sama persis yang digunakan pada projek DIY Remote Control Car 6 Channel nRF24L01 Arduino (kecuali penambahan step down dan modul nRF24L01 + PA + LNA).

Post a Comment for "nRF24L01 + PA + LNA Arduino "