Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Rangkaian 4 Tombol 4 Led Arduino

Rangkaian 4 tombol dan 4 led ini dimaksudkan untuk mempraktekkan bahwa Arduino dapat diprogram untuk mengeksekusi sketch sederhana ini. Bagaimanapun, rangkaian sederhana ini adalah salah satu dasar dalam teknik pemrosesan input dan output pada rangkaian Arduino. Prinsip dan cara kerja rangkaian ini dapat kita pelajari dan aplikasikan untuk projek elektronik yang lebih rumit lagi. Maka dari itu, penting untuk mengerti prinsip kerja rangkaian 4 tombol dan 4 led ini.

Seperti biasanya, saya selalu membuat skema rangkaian dengan menggunakan simulasi Tinkercad. Namun, ada satu hal mengakibatkan nyala led pada simulasi di Tinkercad tidak berjalan seperti yang saya harapkan. Maka dari itu, saya merakit rangkaian dengan komponen asli untuk mencari tau kenapa hal ini bisa terjadi dan sekaligus membuktikan bahwa sebenarnya sketch program yang saya susun sudah benar. Lebih jauh lagi, percobaan ini dapat saya share di sini supaya berguna bagi saya sendiri dan juga teman-teman yang sedang mencari referensi.


Rangkaian 4 Tombol 4 Led

Penjelasan sketch

Sketch di atas digunakan untuk deklarasi pin Tombol dan Led yang terkoneksi ke pin pada Arduino, atau dapat juga disebut deklarasi variabel konstan, dan juga variabel tidak konstan yang mana nantinya nilai dari variabel ini dapat berubah.

Pada bagian ini, Led diset sebagai output, sedangkan Tombol diset sebagai input pullup karena rangkaian tombol aktif LOW.

Variabel btstat membaca posisi tombol, apakah tombol ada perubahan status atau tidak.

Pembacaan posisi tombol dikonversi menjadi perintah untuk menyalakan atau mematikan led. Bila tombol ditekan (logika LOW), maka led akan menyala (logika HIGH). Fungsi if...else dimulai dari tombol 1 hingga tombol 4.

Diakhir pembacaan tombol 4, sketch diakhiri dengan kondisi else. Ketika semua kondisi tidak terpenuhi, maka program akan mengeksekusi perintah yang ada pada bagian else, dalam hal ini semua led akan mati jika dari keempat tombol tidak ada yang ditekan. 

Sketch program di atas dapat didownload pada link berikut (download disini!). Bila ingin mempelajari lebih lanjut terkait penggunaan if...else dalam sebuah sketch program, dapat dipelajari pada link berikut https://www.arduino.cc/reference/en/language/structure/control-structure/else/

Dokumentasi

Rangkaian Jadi 4 Tombol 4 Led

Tombol 3 Ditekan

Tombol 1 Ditekan

Post a Comment for "Rangkaian 4 Tombol 4 Led Arduino"