Skip to content Skip to sidebar Skip to footer

Membuat Hand Sanitizer Otomatis dari Modifikasi Dispenser Elektrik

Wabah virus Covid-19 yang saat ini sedang terjadi tak sering membuat kita khawatir akan kondisi kesehatan dan keselamatan kita dalam menghadapi pandemic ini. Berbagai usaha telah dilakukan untuk dapat terhidar dari paparan virus Corona, diantaranya yaitu: menggunakan masker, cuci tangan dengan sabun atau dengan hand sanitizer bila jauh dari air.
Ide yang mendasari pembuatan hand sanitizer otomatis dengan memodifikasi dispenser elektrik yang ada di pasaran, yaitu didasari kekurangan hand sanitizer manual yang mana penggunaannya masih harus menyentuh tutup atau tuas manual hand sanitizer. Hal ini tentunya menimbulkan pertanyaan apakah tutup hand sanitizer tersebut bersih? ataukah mengandung virus bakteri? kenapa tidak ada alat bantu yang dapat diaplikasikan untuk menggunakan hand sanitizer tapi tanpa sentuhan tangan? dan kalaupun ada, pasti harganya sangat mahal.
Menjawab dari berbagai pertanyaan di atas, maka saya memutuskan untuk mencoba berkontribusi (meskipun minim) dalam upaya penanganan wabah virus Corona ini. Tulisan ini saya buat setelah selesai pembuatan alat dan upload ke Youtube. Dokumentasi proses pembuatan dapat ditonton pada video berikut:



Alat yang diperlukan:
  1. Solder
  2. Tang potong
  3. Multimeter
  4. Cutter
Material yang dibutuhkan:
  1. Pompa dispenser elektrik recharge
    Pompa Dispenser
  2. Infrared proximity sensor
    IR Proximity Sensor
  3. Saklar
  4. Kabel secukupnya
  5. Tenol
  6. Botol minuman bekas
Langkah pembuatan:
  1. Siapkan alat dan bahan yang dibutuhkan
  2. Bongkar penutup Pompa dispenser dengan melepas sekrup menggunakan obeng
  3. Modifikasi bagian elektronik seperti pada skema berikut
    Skema Rangkaian
  4. Lakukan uji coba setiap setiap saat pada proses modifikasi untuk mengetahui bahwa rangkaian sudah benar, dan bila terdapat permasalahan bisa segera dicari solusinya
  5. Bila proses modifikasi sudah selesai, kembalikan lagi penutup pompa ke posisi semula menggunakan obeng
  6. Bila semua proses sudah selesai, lakukan pengujian dengan air (jangan langsung menggunakan cairan hand sanitizer atau sabun tangan)
  7. Selesai
Catatan:
  1. Pada projek ini saya menggunakan botol bekas minuman (kecil dan mudah goyang). Botol ini dapat diganti dengan galon minuman kapasitas 5 liter/ 10 liter/ maupun ukuran besar 19 liter supaya konstruksi lebih kuat dan dispenser dapat digunakan lebih lama (tidak sering refill)
  2. Pada projek hand sanitizer otomatis ini saya tidak menggunakan rangkaian Arduino dengan alasan cost reduction dan easy to make. Selain itu ada juga alasan reliability dan less effort.
Semoga postingan ini bermanfaat ya :)
Jika berkenan mohon bantuannya untuk subscribe channel Youtube saya untuk postingan project-project elektronika dan lebih banyak lagi: https://www.youtube.com/c/LightTubes
bila ada pertanyaan bisa menghubungi saya melalui akun yang tertera pada Kontak.

4 comments for "Membuat Hand Sanitizer Otomatis dari Modifikasi Dispenser Elektrik"

paramashiva May 26, 2020 at 6:17 PM Delete Comment
Your supply this unit or parts
Light May 26, 2020 at 7:58 PM Delete Comment
I am not selling/supplying this material. You search and buy online since the parts are common.
Anonymous June 4, 2020 at 11:10 PM Delete Comment
Multimeter digunakan untuk apa ya
Light June 5, 2020 at 9:06 AM Delete Comment
multimeter utk cek tegangan pak, cek polaritas, cek sensor, dan untuk troubleshooting kalau memang diperlukan. tapi kalau dah yakin semuanya ok ga terlalu perlu sih multimeternya.